PERUSAHAAN
DIGITAL : E-BUSINESS DAN E-COMMERCE
Tugas
Individu
Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah SIM Lembaga Keuangan
Dosen
Pengampu : Bambang Irawan MM
Program
Studi Diploma III Keuangan dan Perbankan
Disusun oleh :
Wahyu Pratiwi S W F3612077
PROGRAM
STUDI DIPLOMA III
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
A.
PENGERTIAN
E-BUSINESSE
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara
otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan
internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan
sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan
fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara online
melalui www.tokopedia.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran,
hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer
dilakukan secara elektronik.
E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan
bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki cakupan yang
berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat
ditempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan
e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh
tujuannya. Disamping
itu disebutkan juga E-Business adalah kegiatan transaksi ,
jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan
elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan
customernya , rekan bisnis ataupun supplier. E-business juga bisa berupa iklan
, mengajak seseorang untuk membeli produk kita . tanpa E-business , E-commerce
hanyalah burung tanpa sayap. Lebih tepatnya perusahaan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait
untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan
keuntungan.
Kegiatan e-business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan
bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :
1)
Business to Business (perdagangan antar
pelaku usaha bisnis).
2)
Business to Consumer (perdagangan antar
pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3)
Consumer to Consumer (perdagangan antar
konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4)
Consumer to Business (perdagangan antar
konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
Sasaran dari e-business adalah pasar atau market. Menurut
Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap
jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya. E-business
market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para
pebisnis.
Pelaku E-Business
·
Perusahaan, konsumen, perusahaan,
supllier, rekan bisnis
Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
·
Teknologi informasi dan komunikasi
·
Komputer
·
Internet
Kegiatan Sasaran
·
Kegiatan bisnis
·
Proses bisnis utama
·
Pembelian, penjualan, pelayanan,
transaksi
Tujuan
·
Koordinasi, Komunikasi dan Pengelolaan
organisasi
·
Sharing informasi
Keuntungan
·
Pendekatan yang aman, fleksibel, dan
terintegrasi
·
Efisien dan Efektif
·
Peningkatan produktivitas dan keutungan
B. PENGERTIAN
E-COMMERCE
Secara sederhana istilah ini digunakan untuk menunjukkan
pembelian dan penjualan menggunakan teknologi internet.Tetapi istilah ecommerce
itu sendiri bukan hanya sekedar transaksi keuangan secara elektronik melalui organisasi
dan pelanggan saja melainkan juga merujuk pada semua mediasi transaksi secara
elektronik antara organisasi dan pihak ketiga. Jadi , dengan definisi ini
permintaan pelanggan berupa informasi juga bisa disebut sebagai bagian dari
ecommerce.
E-Commerce dan E-Bisnis adalah dua hal yang sama sekali
berbeda namun sayangnya kebanyakan dari kita selalu menukar penggunaannya.
Alasan di balik penggunaan yang salah ini terletak pada arti dari
"bisnis" dan "commerce" dalam bahasa Inggris. Tetapi
terdapat perbedaan antara e-commerce dan e-bisnis. Ada banyak orang bijak
memahami perbedaan antara keduanya dan selalu ada sebuah perdebatan antara
kedua kelompok tentang perbedaan dan persamaan antara e-commerce dan e-bisnis. Sedangkan menurut
Purbo dan Wahyudi (2000:2) yang mengutip pendapat
David Baum menyebutkan, “e-commerce
merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses
bisnis yang menghubungkan
perusahaan, konsumen, dan komunitas
tertentu melalui transaksi
elektronik dan perdagangan barang,
pelayanan, dan informasi yang
dilakukan secara elektronik. Berdasarkan pengertian mengenai definisi
ecommerce tersebut, maka e-commerce adalah aplikasi berbasis web
untuk melakukan proses penyamapain informasi
dan penjualan melalui internet.
Perbedaan antara e-Businesse dan E-Comerce adalah sebagai
berikut :
1.
E-Commerce
adalah bagian dari E-Bisnis. Jika mengingat diagram Venn ketika belajar di
sekolah, maka dapat dengan baik memahami apa yang disampaikan. Bagian yang satu
adalah konsep yang sangat luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil
dari itu. Hubungan ini akan dihapus pada poin berikutnya.
2.
Kegiatan yang pada dasarnya melibatkan
transaksi keuangan diistilahkan sebagai "e commerce". Namun, e bisnis
adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski
pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang,
pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
3.
Untuk berjualan secara online adalah
e-commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik
secara online tentang produk atau layanan termasuk e -bisnis. Memiliki sebuah
website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup. Tapi, membuat situs profesional
yang dibangun dengan teknologi terbaru untuk menangkap perhatian pengunjung dan
memenangkan apresiasi, maka itulah yang diperlukan. Bila uang yang terlibat,
maka hal pertama yang pengguna cari adalah keselamatan dan keamanan yang
menggunakan uang. Memiliki sebuah website dengan kualitas yang baik sangatlah
penting.
4.
Ketika menjual komputer, laptop, monitor, printer,
aksesoris dan lain sebagainya secara online, maka ini bukan lagi e-commerce
tetapi e bisnis. Karena Bila pengunjung
datang pada website, hal pertama yang ia lakukan adalah melihat desain website
dan melakukan navigasi, serta hal-hal yang akan membantu dia menemukan apa yang
dia inginkan.Dan, jika ia langsung menemukan pada halaman ia cari, ia akan
mencari informasi yang berkaitan dengannya. Informasi yang diberikan harus
menarik dan menghilangkan keraguan bagi pengunjung, yang mengubahknya menjadi
seorang klien. Hingga saat ini tidak ada uang yang telah ditukarkan atau
diperbincangkan. Jadi, apakah ini adalah e-commerce? Bukan, ini adalah e -bisnis
yang memandu para pengunjung.
5.
E-Commerce juga telah ditetapkan sebagai
proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra eksternal, sementara
e bisnis meliputi internal seperti proses produksi, manajemen inventaris,
pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya. Secara
keseluruhan, e commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan internet dan Web
untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital memungkinkan terjadinya
transaksi komersial antara organisasi dan individu.
Metode Pembayaran dalam dunia E – Commerce :
1.
Credit Card Model pembayaran yang paling
banyak digunakan dalam proses transaksi
2.
e-Cash Suatu account khusus untuk
pembayaran melalui internet.
3.
Smart Card (cash Card)
Proses
penggunaannya hampir sama dengan ATM, yakni pada saat trasnsaksi, uang langsung
di debet. Untuk pembayaran di internet, user/customer harus memiliki smart card
reader. Dalam pemakaiannya, alat khusus ini disambungkan ke port serial di
komputer. Pada saat melakukan transaksi, kartu smart card harus digesekkan ke
alat tersebut, sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer
Untuk softwarenya, digunakan software bernama ‘e-wallet’. Contoh web site yang
telah menyediakan smartcard untuk pembayaran adalah http://www.discvault.com.
4.
i-Check Model pembayaran dengan
menggunakan check. Contoh situs adalah http://www.icheck.com .
5.
Transaksi Model ATM
yang
menyangkut hanya institusi finansial dan pemegang account yang akan melakukan
pengambilan atau mendeposit uangnya dari account masing-masing. Pembayaran dua
pihak tanpa perantara, transaksi dilakukan langsung antara dua pihak tanpa
perantara menggunakan uang nasional-nya. Pembayaran dengan perantaraan pihak ke
tiga, umumnya proses pembayaran yang menyangkut debit, kredit maupun check
masuk dalam kategori ini. Ada beberapa metoda pembayaran yang dapat digunakan,
yaitu: Sistem pembayaran kartu kredit on-line dan Sistem pembayaran check
on-line.
6.
Micropayment
Dalam
bahasa sederhananya adalah pembayaran untuk uang recehan yang kecil-kecil.
Mekanisme micropayment ini penting dikembangkan karena sangat diperlukan
pembayaran receh yang kecil tanpa overhead transaksi yang tingi
7.
Anonymous Digital Cash
Uang
elektronik yang di enkripsi, di dahului oleh David Chaum dengan Digicash-nya
(http://www.digicash.com). Uang elektronik menjamin privacy dari user cash sama
terjaminnya seperti uang kertas maupun coin yang kita kenal. Metoda pembayaran
yang terakhir ini adalah yang paling sulit untuk di implementasikan di
bandingkan empat (4) metoda yang disebutkan terdahulu. Berbeda dengan
metoda-metoda pembayaran yang sebelumnya yang umumnya terkait pada check, kartu
kredit maupun pihak ketiga yang dalam prosesnya selalu ada proses pencatatan
identitas pemakai.
Sistem Transaksi dalam
dunia E – Commerce :
Order Belanja dengan FORM Cara ini merchant menyediakan
daftar katalog barang dengan deskripsinya. Dan biasanya saat tahap order produk
didivisualisasikan tidak beserta gambar.
Bagian dalam Order
Belanja dengan FORM :
Bagian pertama berisi check box yang dibuat untuk memberi
kesempatan pada Customer untuk memilih produk yang ditawarkan dengan menklik
kotak untuk diberi tanda check. Bagian kedua berisi penejelasan produk yang
ditawarkan, Bagian ketiga berisi kuantitas barang yang dipesan,dan Bagian lain
(paling kanan) berisi harga tiap produk.
KESIMPULAN
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara
otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan
internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan
sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan
fleksibel. E-commerce merupakan satu
set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan,
konsumen, dan komunitas tertentu
melalui transaksi elektronik dan perdagangan
barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara
elektronik. E-Business kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan
secara otomatis melalui kegiatan elektronik/internet , dan juga perusahaan
dapat berhubungan langsung dengan customernya , rekan bisnis ataupun supplier.
E-business juga bisa berupa iklan , mengajak seseorang untuk membeli produk
kita . tanpa E-business , E-commerce tidak ada artinya apa-apa. Lebih tepatnya perusahaan menggunakan
teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak
terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat
memberikan keuntungan.
Kegiatan e-business disebutkan ada lima kemungkinan
bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu Business to Business
(perdagangan antar pelaku usaha bisnis), Business to Consumer (perdagangan
antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen), Consumer to Consumer (perdagangan
antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain), dan Consumer to Business
(perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan).
Metode Pembayaran dalam dunia E – Commerce ada beberapa
cara yaitu :Credit Card Model ,e-Cash, Smart Card (cash Card), i-Check Model ,Transaksi ATM, Micropayment
, dan Anonymous Digital Cash.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar